Senin, 21 Januari 2013

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


Mata Kuliah :  Interaksi Manusia dan Komputer
Dosen           :  Prof. Dr. Muhammad Zarlis
                          dan Elvina ST, S.Kom, M.Kom

Nama   :  Fitri Alia
NIM     :  111421029
Kelas    :  Kom A

1. Jelaskan tentang terminologi pengertian ilmu interaksi manusia dan komputer
jawab :
Interaksi Manusia dan komputer yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer.  Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Interkasi Manusia dan Komputer juga mempelajari bagaimana pada merancang, mengevaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia.

2. Apa Tujuan dari pemahaman aspek- aspek suatu Interaksi Manusia dan Komputer
jawab : 
Tujuan dari pemahaman aspek-aspek Interaksi Manusia dan Komputer adalah agar dicapai suatu kondisi yang senyaman mungkin ketika seseorang harus bekerja di depan computer untuk selang waktu yang cukup lama. Dimana Aspek-aspek tersebut adalah aspek manusia, aspek komputer, aspek lingkungan kerja (ergonomic).
  
3. Untuk menghasilkan suatu interface yang baik dalam sebuah perancangan, hal- hal apa saja yang  perlu diperhatikan.
jawab :
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang interface yang baik dalam sebuah perancangan adalah :
  • Dialog yang sederhana dan alami (simple and natural dialogue)
  • Berbicara dengan bahasa user (speak the user language)
  • Mengurangi beban ingatan user (minimize user memory load)
  • Konsisten (consistency)
  • Sistem timbal balik (system feedback)
  • Jalan keluar yang jelas (clearly mark exit)
  • Jalan pintas (shortcut)
  • Pesan-pesan kesalahan yang baik (good error message)
  • Mencegah kesalahan (prevent errors)
  • Bantuan dan dokumentasi (help and documentation)

4. Uraikan faktor- faktor IMK yang terdapat pada blog anda
jawab :
Faktor- faktor IMK yang ada pada blog ini adalah : 
  • Faktor Linguistik Komputasional pemakaian bahasa yang mudah dimengerti oleh user sehingga tidak menimbulkan kesalah pahaman pada blog ini.
  • Faktor Psikologis blog ini dikhususkan bagi orang- orang yang singin mengetahui  informasi tentang robot - robot canggih dunia sesuai perkembangan teknologi.
  • Faktor Multimedia, blog ini memiliki tampilan yang cukup menarik, selain teks isinya juga menampilkan gambar,video dan suara.
  • Faktor Ergonomik pengguna dapat mengakses informasi dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet dengan waktu kerja yang nyaman.
  • Faktor Teknik Penulisan, dalam blog ini disajikan menu-menu yang menampilkan informasi yang diinginkan oleh pengguna yang mengarah pada petunjuk penggunaan serta dengan kpilihan informasi yang terkait yang diinginkan pengguna.

5.      Sebutkan jenis menu yang ada dalam blog tersebut.
Jawab :
Menu – menu yang ada yang terdapat pada blog : 
Menu Biner :  pada blog saya menyediakan “ search “ yang meruapakan  contoh dari menu biner yang berfungsi untuk pengguna mencari informasi .
Menu Tetap : pada blog saya terdapat menu bar seperti “ Beranda, Video, Robot News, profil “ yang merupakan salah satu contoh dari menu tetap.
Linear Sequence and Multiple Menus : pada blog saya “ blog archive “ adalah salah satu contoh dari menu Linear Sequence and Multiple Menus.  
Multiple - Selection Menus (check boxes) : pada blog saya yang letaknyah paling bawah yaitu tentang bagaimana reaksi pengguna mengenai blog apakah " lucu, menarik, keren " dalah contoh dari menu ini.

6.  Jelaskan tentang Computer-Supported Cooperative Work. 
Jawab :
Pengertian Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah :
bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering diantara mitra yang berjauhan.
Hasil dari CSCW disebut Groupware, yaitu jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka

7.      Sebutkan dan jelaskan minimal 10 contoh Groupwere yang anda ketahui.
jawab :
Lotus Notes, sistem aplikasi basis data (database) berorientasi dokumen yang terdistribusi. Aplikasi Lotus Notes adalah suatu implementasi dari data dan program yang mendukung fungsi-fungsi bisnis dan kegunaannya. 

Microsoft Exchange Server, merupakan sebuah produk perangkat lunak pengatur pesan (messaging) dan kolaborasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Produk ini adalah bagian dari platform Microsoft Windows Server System, dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia. Fitur utama yang ditawarkan oleh Exchange Server mencakup manajemen surat elektronik (e-mail), kalender, kontak, dan tasks; dukungan untuk akses langsung dari Web dan juga perangkat bergerak; dan dukungan untuk penyimpanan data.

Egroupware, merupakan Online Collaboration Tool terkemuka dan menjadi pilihan utama untuk perusahaan besar, usaha kecil dan tim dan organisasi di seluruh dunia. Egroupware merupakan opensource groupware gratis dimaksudkan untuk bisnis dari kecil sampai perusahaan. Fungsi utamanya memungkinkan pengguna untuk mengelola kontak, appointments, proyek dan to-do list.

Moodle, merupakan sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini dalam bidang pendidikan yang memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas” digital untuk  mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.

Team Viewer berfungsi untuk me-remote dekstop dari jarak jauh dengan melalui jaringan internet. Artinya software ini berfungsi jika terdapat jaringan internet pada komputer tersebut, dengan kata lain satu komputer bisa menjalankan komputer lain dengan software teamviewer.
YouTube, adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.

4shared, memungkinkan bagi para penggunanya untuk dapat mengunggah dan mengunduh berkas dalam jaringan menggunakan  web.

Google Hangouts, adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut.

Texas Holdem Poker, merupakan game online, seperti dalam semua varian poker, individu bersaing untuk sejumlah uang atau chip yang diberikan oleh para pemain itu sendiri (disebut pot). Karena kartu dibagikan secara acak dan di luar kendali pemain, setiap pemain mencoba untuk mengontrol jumlah uang dalam pot berdasarkan kedua kartu yang mereka pegang, atau prediksi mereka mengenai apa kartu yang lawan mereka pegang .

FarmVille adalah sebuah permainan simulasi pertanian waktu nyata yang dikembangkan oleh Zynga sebagai aplikasi di situs jaringan sosial Facebook dan sebagai App pada iPhone. Permainan ini memungkinkan anggota Facebook untuk mengelola sebuah pertanian virtual dengan menanam, menumbuhkan, dan memanen tanaman dan pohon virtual, serta memelihara ternak virtual.

Yahoo, merupakan sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.  

8.   Tuliskan alamat blog yang anda buat
jawab :

1 komentar: