Kamis, 03 Januari 2013

Robot Canggih Pemain Alat Musik


Robot canggih yang jago bermain musik dan bahkan tidak mustahil, suatu saat nanti, mereka akan memiliki pamor yang jauh lebih tenar dibanding musisi di masa depan. Robot ini memiliki keahlian yang beragam dari bernyanyi sampai memainkan alat musik yang biasa dimainkan oleh manusia.

Robot Penyanyi

Tampaknya bernyanyi kini sudah bukan kelebihan milik makhluk hidup saja. Robot pun kini sudah bisa bernyanyi dengan bantuan software vokal musik.

 Di Jepang sendiri sudah terdapat software vocaloid yang memungkinkan menghasilkan suara nyanyian yang merdu.HRP-4c adalah salah satu robot tercanggih saat ini yang dibuat oleh para ilmuwan jepang yang telah dipasang dengan software vocaloid. HRP-4c sendiri merupakan robot humanoid yang menyerupai perempuan. Jadi mungkin beberapa tahun lagi tidak menutup kemungkinan kita akan melihat robot bernyanyi di sebuah acara di televisi kita, paling tidak dia sudah mulai bernyanyi di pameran robot jepang.



Robot Peniup Terompet
 Mekanisme robot ini adalah dengan mengatur volume udara yang akan dikeluarkan dari mulut robot dan mengatur gerakan jari robot sehingga mampu memainkan terompet. 

Salah satu yang paling cangih adalah robot buatan toyota yang pandai memainkan musik menggunakan terompet tidak kalah dengan peniup terompet profesional. robot ini pertama kali diperkenalkan oleh toyota pada tahun 2007.




Robot Pemain Biola

 Selain mampu meniup terompet, robot buatan toyota juga mampu memainkan alat musik biola. 

Robot canggih ciptaan toyota ini pertama kali menunjukkan kepiawaiannya memainkan biola pada shanghai world expo 2010 di pavilion jepang saat itu. Robot yang memiliki tinggi 150 cm dibuat oleh perusahaan toyota yang sedang berfokus untuk mengembangkan robot yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat jepang terutama kepada kaum lanjut usia.
Meski permainannya belum terdengar sempurna, robot ini mampu memainkan "Pomp dan Circumstance" dari Elgar tanpa salah.

Robot Pemain Drum

Bermain drum merupakan salah satu hal yang juga mungkin dapat dilakukan dengan mekanisme robot.

Dengan mengatur tempo pada lengan robot, robot dapat bermain drum dengan gaya musik yang pelan ataupun secara cepat dan enerjik layaknya drummer pada band musik rock. Tidak percaya, lihat saja drummer robot kita yang satu ini.

Mereka semua tampaknya tidak hanya piawai dalam konser solo. Baru-baru ini toyota sendiri telah membuat sebuah band musik yang beranggotakan robot toyota. Ingin lihat bagaimana gaya robot tercanggih ini jika bermain sebagai satu kesatuan band.

Robot Pemain Piano

 Matteo Suzzi, seorang pembuat robot dari Italia, berhasil menciptakan sebuah robot yang bisa memainkan piano lebih hebat dari manusia manapun. Robot yang diberi nama Teotronico ini memang dibuat untuk bermain musik.

Alasan utama kenapa Teotronico hebat dalam bermain piano adalah: karena dia punya 19 jari!
Teotronico tak hanya bisa memainkan piano. Ia juga bisa menyanyi dan memainkan drum. Hebatnya, semua itu bisa dilakukannya secara bersamaan.

Matteo mengklaim bahwa Teotronico adalah satu-satunya robot di dunia yang bisa melakukan semua itu pada saat yang bersamaan. 19 jari yang dimiliki Teotronico juga sudah diperhitungkan untuk memainkan semua kombinasi nada yang ada di piano.

Robot ini punya kemampuan untuk mengetahui perubahan akor dan tempo pada lagu. Di bagian matanya terdapat kamera sehingga bisa berinteraksi dengan orang yang ada di dekatnya.
Mattero mengatakan bahwa satu robot seperti ini membutuhkan waktu empat tahun untuk dibuat. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp. 45 juta.

“Aku memang tertarik dengan robot. Aku sangat senang ketika mengetahui bahwa kita bisa membuat sebuah robot yang bergerak sendiri memainkan lagu atau komposisi musik,” kata Matteo.
Dengan 19 jari yang dimiliki, kata Matteo, Teotronico bisa menekan nada lebih cepat, membuatnya mampu bermain piano lebih cepat daripada manusia.
“Jari tangan kiri memainkan nada rendah, jari tangan kanan memainkan nada melodi. Ada tambahan jari di tangan kanannya,” jelas Matteo.

Teotronico mampu memahami ucapan manusia karena diprogram dengan speech recognition. Robot ini juga bisa mengubah ekspresi wajahnya saat berinteraksi dengan manusia.
Sejauh ini Teotronico telah tampil di berbagai acara pesta dan menjadi pusat perhatian dari tamu yang hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar