Kamis, 03 Januari 2013

Robot Canggih Entertainer Bisa Menari

Robot Penari



 Dengan semakin kompleks dan banyaknya persendian robot yang diciptakan masa kini telah memungkinan robot dapat bergerak leluasa seperti manusia. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para ilmuwan untuk mengajar sebuah robot untuk melakukan gerakan tari. Lihat saja 3 jenis robot jepang yang dapat menari seperti HRP-4c, asimo dan robot buatan sony. Bahkan uniknya, tidak puas dengan robot penari para ilmuwan juga punya robot striptis lol .

Robot QRIO 
 

 


 
QRIO ("Quest for cuRIOsity") adalah sebuah robot humanoid bipedal untuk pertunjukan yang dijual oleh Sony mengikuti kesuksesan mainan AIBO sebelumnya. QRIO tingginya sekitar 60 cm dengan berat 7,3 kg. QRIO mampu mengenali suara dan wajah sehingga mampu mengingat orang lain. QRIO begerak dengan kecepatan 23 cm/detik dan masuk dalam buku Guinness World Records (2005 edition) sebagai robot bipedal pertama (dan tercepat) yang mampu berlari. Generasi keempatnya memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 1 jam. Programmernya membutuhkan waktu tiga minggu untuk memprogram koreografinya.


Ac-Yut II: Robot Kung-Fu yang Menari


 


AcYut adalah robot humanoid India pertama yang dibuat di Centre for Robotics & Intelligent Systems, BITS Pilani, India. AcYut artinya "abadi" atau "tak akan pernah gagal" dalam bahasa sansekerta. Desain robot ini memenangi medali perunggu untuk kategori Humanoid kelas menengah pada perhelatan 2009 RoboGames di San Fransisco. Robot ini memiliki keseimbangan yang luar biasa dan suka kungfu. Lihat videonya di bawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar